Salam Pengantar

Sejak saya kembali ke Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga sebagai calon dosen pada 20 Mei 2019, proyek-proyek personal sudah mulai muncul dalam pikiran--tentu saja semuanya hal-ihwal dunia sosiologi, dinamika kelas, dan hal-hal lain terkait dan relevan.

Pertama, saya ingin sekali membuat semacam rubrik/kolom yang membahas penelitian skripsi mahasiswa dan penelitian dosen di portal resmi jurusan atau pun fakultas. Konten rubrik ini ditulis dengan bahasa populer dan santai, semacam berita features yang bisa dibaca secara luas oleh mahasiswa dan masyarakat secara umum. Features ini mengangkat hasil-hasil penelitian kampus yang  kira-kira begini: kenapa memilih topik penelitian demikian, bagaimana dinamika dan proses penelitiannya ketika di lapangan, temuan apa yang baru, dsb. Dan saya senang sekali karena rencana ini disambut oleh Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora yang sekaligus saya pakai untuk Kegiatan Aktualisasi dan Habutuasi sebagai kewajiban CPNS dalam mengikuti Pelatihan dan Pendidikan Dasar, di Semarang 02-20 September 2019. Karya-karya features tersebut bisa dibaca di sini Nikah Beda Agama, Sudah Yakih?, Semakin Ditindas, Semakin Bergerak, dan PLTU Simalakama

Kedua, saya ingin sekali mengulas teori-teori sosiologi, dinamika kelas dan semua terkait di sebuah blog sendiri. Itulah embrio dan alasan Sosioloque ini dilahirkan. Ke depan--dengan bersama mahasiswa dan kolega--blog ini akan menyertai proses pembelajaran terkait sosiologi, baik bahasa teori, tugas-tugas dan segala macam yang lahir dari dinamika kelas Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kalijaga.

Ketiga, saya menyusun pelan-pelan buku ajar sosiologi dengan pendekatan yang sedikit lebih up to date dengan merekam perkembangan sosiologi kontemporer dan sebagainya. Intinya, saya akan menuliskan buku untuk ranah kajian sosiologi.

Selain tiga hal di atas, hasil-hasil riset dan dimuat di jurnal juga akan mewarnai blog ini meski nanti akan dibahas dalam versi features.

Demikianlah hal-hal santuy yang akan saya lakukan dengan waktu yang fleksibel dan tim yang beragam pula.

Bismillah biidznillah 

Pengasuh,



Bernando J. Sujibto
Twitter: @_bje
IG: @bjeben
FB: Bernando J. Sujibto

Comments